Pengertian Statistik dan Statistika

Apa itu statistik ?




Statistik didalamnya terdapat fakta berupa angka (numerical fact) dan gambar-gambar atau deskripsi grafis dari suatu realita. contonya :
  1. gempa bumi terbesar mencapai 9,2 skala Richter
  2. Pria setidaknya 10 kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk melakukan pembunuhan
  3. Satu dari setiap 8 orang Afrika Selatan mengidap HIV positif.
Dengan demikian, statistik adalah objek yang menjadi pembahasan dalam suatu pengamatan
Studi tentang statistik melibatkan matematika dan bergantung pada perhitungan angkaTetapi juga sangat bergantung pada bagaimana angka-angka yang dipilih dan bagaimana statistik diinterpretasikan. 

Sebagai contoh, 
perhatikan tiga skenario berikut dan interpretasi berdasarkan statistik yang disajikan. Anda akan menemukan bahwa angka-angka mungkin benar, tetapi interpretasi mungkin salah. Cobalah untuk mengidentifikasi kesalahan besar dengan masing-masing interpretasi sebelum kita menggambarkannya.

1.  Sebuah iklan es krim baru milik Ben dan Jerry diperkenalkan pada akhir Mei tahun lalu, untuk tiga bulan berikutnya penjualan es krim menghasilkan peningkatan 30%. Dengan demikian, iklan efektif.

kekeliruan dari kesimpulan ini adalah bahwa konsumsi es krim memang pada umumnya meningkat pada bulan Juni, Juli, dan Agustus terlepas dari iklan atau tidak. Efek inilah disebut efek sejarah/waktu mempengaruhi penjualan, akan tetapi hal ini menyebabkan orang untuk menafsirkan hasil sebagai akibat satu variabel ketika variabel lain (dalam hal ini, waktu tidak menjadi pengamatan) yang mungkin sebenarnya mempengaruhi terhadap hasil penjualan.

2.   Semakin banyak masjid di kota, semakin banyak kejahatan yang ada. Dengan demikian, masjid menyebabkan kejahatan.

kekeliruan dari kesimpulan tersebut adalah bahwa faktanya pertumbuhan masjid dan bertambahnya angka kriminal dipengaruhi oleh pertumbuhan populasi penduduk. permasalahan ini akan dibahas lebih lanjut pada pembahasan sebab-akibat (causality), pada kasus ini pertumbuhan populasi lah yang menyebabkan bertumbuhnya kedua faktor tadi, yakni bertambahnya masjid dan bertambahnya angka kriminal. akan tetapi pada kesimpulan diatas, hanya mempertimbangkan dua faktor saja, tanpa melihat faktor yang ketiga.

Secara keseluruhan, contoh-contoh ini menunjukkan bahwa statistik tidak hanya fakta dan angka; mereka sesuatu yang lebih dari itu. Dalam arti luas, "statistik" mengacu pada berbagai teknik dan prosedur untuk menganalisis, menafsirkan, menampilkan, dan membuat keputusan berdasarkan data.

sehingga dapat disimpulkan bahwa, Statistika adalah bidang studi yang berhubungan dengan meringkas data, menafsirkan data, dan membuat keputusan berdasarkan data. Ini melibatkan semua hal. sedangkan statistik adalah objek yang menjadi pembahasan dalam statistika.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Matematika Kuliah

More on this category »

Matematika Sekolah

More on this category »

Statistika Penelitian

More on this category »

Info

More on this category »

Opini

More on this category »